Rasanya terlalu banyak yang membicarakan kemajuan teknologi informasi dan games dari sudut negatif. Biar keseimbangan tercipta, maka saya akan mengupas 2 hal tersebut dari sisi positif agar tidak meninggalkan paranoid yang berkelebihan bahkan sampai ada orang tua yang berultimatum tidak mengenalkan anak pada internet dan games.
Segala sesuatu di dunia ini selalu terdiri dari segi positif dan negative, maka kita harus memilih dan memilah untuk mempertahankan yang postif dan membuang yang negative. Melihat dari kedua sisi akan memberikan pengaruh positif thingking terhadap sesuatu, di bandingkan hanya melihat dari satu sisi.
Tahukah anda…
Adam Kho adalah orang Singapura. Waktu kecil, ia adalah penggemar berat games dan TV. Sehari, ia bisa berjam-jam di depan TV. Baik main PS atau nonton TV.
Adam Khoo pun dikenal sebagai anak bodoh. Ketika kelas empat SD, Ia dikeluarkan dari sekolah. Ia pun masuk ke SD terburuk di Singapura. Ketika akan masuk SMP, ia ditolak oleh enam SMP terbaik di sana. Akhirnya, ia bisa masuk ke SMP terburuk di Singapura. Begitu terpuruknya prestasi akademisnya, tapi lama kelamaan membaik justru karena cemoohan teman-temannya, hingga akhirnya memperoleh kesuksesan di dunia bisnis.
Prestasi Adam di dunia bisnis ditandai pada saat Adam berusia 26 tahun. Ia telah memiliki empat bisnis dengan total nilai omset per tahun US$ 20 juta.
Kisah bisnis Adam dimulai ketika ia berusia 15 tahun. Ia berbisnis music box. Bisnis berikutnya adalah bisnis training dan seminar. Pada usia 22 tahun, Adam Khoo adalah trainer tingkat nasional di Singapura. Klien-kliennya adalah para manager dan top manager perusahaan-perusahaan di Singapura. Bayarannya mencapai US$ 10.000 per jam.
Tahukah anda…
Demonstrasi besar-besaran di Tunisia dan mesir digerakkan lewat situs jejaring sosial Facebook. Para penggalang aksi menyatakan mereka menyatakan penentangan terhadap penyiksaan, kemiskinan, korupsi dan pengangguran.
Situs microblogging Twitter juga berperan dalam aksi di Mesir. Pendukung protes di dalam dan luar Mesir menggunakan kata kunci #jan 25 untuk memposting perkembangan. Itu adalah pesan singkat untuk turun ke jalan pada tanggal 25 Januari 2011.
2 hal di atas adalah contoh dari kehidupan teknologi internet dan games. Positif atau negative tergantung dari sudut pandang yang kita punya.
Penelitian di Manchester University dan Central Lanchashire University membuktikan bahwa penggemar game yang bermain game 18 jam per minggu memiliki koordinasi yang baik antara tangan dan mata setara dengan kemampuan atlet. Dr. Jo Bryce, kepala penelitian menemukan bahwa hardcore gamer punya daya konsentrasi tinggi yang memungkinkan mereka mampu menuntaskan beberapa tugas.
Penelitian lain di Rochester University mengungkapkan bahwa anak-anak yang memainkan game action secara teratur memiliki ketajaman mata yang lebih cepat daripada mereka yang tidak terbiasa dengan joypad.
NASA telah mengembangkan sistem biofeedback yang menggunakan game-game PS, seperti Spyro the Dragon dan Tony Hawk`s Pro Skater untuk meningkatkan daya konsentrasi pilot pesawat tempur. Lalu sebuah perusahaan bernama Attention Builders memasarkan home version-nya sistem yang dikeluarkan NASA itu untuk meningkatkan kinerja otak.
Manfaat lain bisa diperoleh anak lewat program aplikasi berbentuk games yang umumnya dirancang untuk tujuan permainan dan tidak secara khusus diberi muatan pendidikan tertentu. Beberapa aplikasi games dapat berupa petualangan, pengaturan strategi, simulasi, dan bermain peran (role-play).
Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.
Demikian juga internet, kegunaan internet dalam empat kategori, yaitu:
- Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
- Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
- Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
- Fungsi komunitas, internet membentuk masyarakat baru yang beranggotakan para pengguna internet dari seluruh dunia.Dalam komunitas ini pengguna internet dapat berkomunikasi, mencari informasi, berbelanja, melakukan transaksi bisnis, dan sebagainya. Karena sifat internet yang mirip dengan dunia kita sehari-hari, maka internet sering disebut sebagai cyberspaceatau virtual world (dunia maya).
Beberapa dampak negative bisa kita hindari dengan:
- Tanamkan rasa senang membaca terhadap anak sejak bayi. Hal ini akan mempermudah orang tua untuk mengembangkan minat dan bakat anak. Paduan antara buku dan teknologi ini akan terasa lebih bermanfaat
- Orang tua HARUS menjadi orang yang pertama mengenalkan anak terhadap teknologi. Teknologi sudah maju, maka para ayah dan bunda juga TIDAK BOLEH GAPTEK. Orang tua harus menjadi orang yang pertama mengenalkan dunia internet kepada anak. Jangan hanya menonton kemampuan anak menggunakan internet dan komputer. Ketika anak sudah melirik penggunaan internet, arahkan menggunakan internet untuk hal positif, misalkan mencari referensi tugas sekolah , ilmu pengetahuan, discovery via mas google, atau mengenalkan anak pada kegiatan internet lain yang positif, misal mencari tutorial menggunakan software design (photoshop, corel), atau mencari tutorial membuat robot. Mencari rumus lebih mudah untuk matematika/kimia/fisika dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari à ini sudah termasuk menerapkan multiple intelligent dalam hal-hal yang disukai anak lho…
- Buatlah jadwal tetap yang tidak boleh di ganggu gugat dengan melibatkan kesepakatan anak. Jangan biarkan kegiatan anak anda hanya di depan computer. Walaupun banyak manfaatnya, anak harus disiplin waktu dengan mengerjakan semua tanggung jawabnya di waktu yang tepat.
- Jangan Menempatkan komputer di kamar anak/di ruang tertutup. Komputer paling tepat anda letakkan di ruangan yang paling sering anda lewati. Dengan demikian anda tetap dapat mengontrol dan melirik kegiatan anak di depan computer.
- Kenalkan game-game seru yang menantang. memberikan game sekelas dinner dash, zuma, feeding frenzy pada anak hanya akan membuat anak anda jenuh. Rajinlah mencari atau masuklah ke forum game untuk mengetahui game apa yang sedang trend sekarang dan carilah game yang menarik. Jika anak anda penggemar game action, carikan dia pada game strategi seperti empire earth, age of empire. Di game ini anak akan belajar cara mengatur strategi. Atau carikan anak game seperti train stimulator, aero plane stimulator dengan game ini anak akan belajar mengendalikan kecepatan dan percepatan sebuah kendaraan agar selamat sampai tujuan (salah perhitungan akan terjadi kecelakaan). Selain belajar berhitung dan memperkirakan, dengan game ini anak akan belajar wilayah internasional. Kurangnya pengetahuan orang tua akan game lah yang membuat anak mencari game lain di luar atau gampang terjebak dengan game yang di kenalkan oleh temannya. (semoga next posting bisa kasih referensi game ke ayah bunda ya…)
- Jadilah mata-mata yang cerdas…Jejaring social yang marak membuat anak-anak kita pasti memiliki account FB atau twitter. Jangan hanya add friend dengan anak dengan account pribadi kita. Buatlah account samaran untuk memantau bahasa, dan pergaulan anak-anak kita
- Gunakan software untuk memblok pornografi di komputer seperti nanyguard, parents lock, memblok proxy secara manual dll. (beberapa software dan cara settingnya akan saya posting belakangan ya..Jika anda tetangga saya, dengan senang hati akan saya bantu installkan dan settingkan, jika bukan mohon tunggu postingnya ya..).
- jangan lupa, cek selalu history dan bookmark ketika anak-anak kita selesai berinternet ria, dan jangan sampai ketahuan dong..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar